Home / LAMPUNG / Tulang Bawang Barat / Tiyuh Mulya Jaya Laksanakan Bimtek Penyusunan Produk Hukum Di Tiyuh.

Tiyuh Mulya Jaya Laksanakan Bimtek Penyusunan Produk Hukum Di Tiyuh.

Tulangbawang Barat

Trienews.com : Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman teknis dalam penyusunan produk hukum daerah, tiyuh Mulya Jaya kecamatan Tuba Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat Laksanakan kegiatan Bimtek di tiyuh setempat, Kamis (24/06/2021).

Ketua panitia Agus Basri mengatakan,” Bahwa bimtek ini diikuti 20 peserta masing-masing terdiri dari, anggota BPT 9 anggota dan perangkat tiyuh 11 anggota.

“Tujuan bimtek ini supaya peserta mampu dalam mengimplementasikan teknis penyusunan produk hukum daerah ini pada perangkat daerahnya masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Budi Sugiyanto, SH
Kepala Bagian Hukum Kabupaten Tulangbawang Barat menjelaskan,” Bimtek penyusunan produk hukum tiyuh ialah memberikan pemahaman melalui bimbingan teknis kepada BPT dan perangkat tiyuh dalam pelaksanaan dari perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan dan pengundangan produk hukum tiyuh,” Ungkapnya.

Dalam rangka penyusunan Peraturan Tiyuh (PERTI) langkah awal yg harus dilakukan adalah membentuk tim penyusunan produk hukum tiyuh, setelah itu tim menyusun Rancangan Perti dan hasil penyusunan wajib dikonsultasikan kepada masyarakat dan dapat dikonsultasikan kepada camat beserta perangkat daerah terkait dalam rangka pembinaan dan pengawasan pemerintah daerah,” Jelasnya.

selanjutnya, Rancangan perti diserahkan kepada kepalo tiyuh untuk dipelajari dan diserahkan kepada BPT untuk dapat dilakukan pembahasan bersama antara BPT dan pemerintah tiyuh, setelah dilakukan pembahasan tahap I oleh BPT maka rancangan perti wajib dilakukan fasilitasi kepada bupati cq sekda melalui bagian hukum setelah mencapai kesepakatan dan disetujui dalam rapat pembahasan tingkat II, maka rancangan perti tersebut dapat dimintakan nomor register kepada sekda atas nama Bupati dan Raperti dapat diundangkan dalam berita tiyuh dan sah menjadi PERTI. (*)

About Ferki Diansyah

Check Also

Sukseskan Vaksinasi Dosis Ke 2, Polres Tubaba Bagikan di 5 Tempat Gerai Vaksinasi Presisi Polri

Tulang Bawang Barat Trienews.com : Polres Tubaba bersinergi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulang Bawang Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *