Home / LAMPUNG / Lampung Utara / Sebanyak 12. 984 KK di Lampura akan mendapatkan bantuan BLT Kemensos

Sebanyak 12. 984 KK di Lampura akan mendapatkan bantuan BLT Kemensos

Lampung Utara.
Trienews.com – Sebanyak 12.984 KK di Lampung Utara (Lampura) akan mendapatkan bantuan sosial (Baksos) Tunai atau BLT dari Kementrian Sosial. Jumlah itu diluar dari bantuan sosial lainnya seperti PKH, BPNT dan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Erwinsyah mengatakan pihaknya telah mengusulkan nama nama tersebut melalui aplikasi Siks-NG pada tanggal 23 april 2020. Baksos yang akan diterima sebesar Rp. 600.000 ribu perbulan selama 3 bulan.

Data yang ada yang di TKS sebanyak 21 ribu lebih, bagi yang tidak mendapatkan bantuan bakso dari kementrian akan mendapatkan BLT dari Dana Desa (DD). ” Kita tinggal menunggu penyalurannya dari kementrian sosial, ” Kata dia, melalui via telpon seluler Selasa (28/4/2020).

Menurut dia, Bantuan yang dikucurkan kementrian bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid 19, sehingga bisa mengurangi beban mereka.

Sementara Kepala Desa Wonomarto, Waskito Yusika mengatakan Pemerintah Desa mengadakan Musyawarah Desa untuk membahas dan menentukan penerima BLT melalui Dana Desa yang nilainya Rp 600.000,-/KK selama 3 bulan

” Kita sebagai aparatur Desa atau yang dipercaya oleh masyarakat harus menjaga amanah tersebut ,diantaranya pada saat pendataan penerima BLT Dana Desa jangan sampai ada pilih kasih dan harus yang benar benar berhak menerima, ” Ucapnya.

Dijelaskannya, Pendataan awal dilakukan oleh tim masing masing dusun yaitu RT dan Kepala Dusun yang disampaikan di Musyawarah Desa. Setelah melalui berbagai tingkatan dan musyawarah maka menghasilkan total penerima 134 penerima dari 8 dusun yang ada di Desa Wonomarto, dan setiap dusun jumlah penerima tidak sama karena kita memang tidak membatasi namun menyesuaikan dengan keadaan.

Salah satu persyaratan yang berhak menerima adalah keluarga yang kurang beruntung yang tidak terdata di bantuan sosial pemerintah(PKH, BNPT dan lainnya).

Untuk penyalurannya Pemerintah akan bekerjasama dengan Bank Lampung karena selama ini Bank Lampung adalah Mitra Bumdes Swadesa Artha Mandiri.(red)

About penulis penulis

Check Also

Tergiur Tawaran Pinjaman Berkedok Koperasi, Korp emak-emak laporkan (Apr) ke Polisi

Lampung Utara Trienews.com – Banyak cara penipuan dilakukan orang demi mendapatkan uang Kali ini kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *