Home / LAMPUNG / Mesuji / Hari Santri, Bupati Mesuji Ajak Lawan Pandemi dengan Kedisiplinan

Hari Santri, Bupati Mesuji Ajak Lawan Pandemi dengan Kedisiplinan

Mesuji

Trienews.com – Bupati Mesuji Saply TH menghadiri upacara peringatan Hari Santri 2020 Kabupaten Mesuji yang digelar di Lapangan Nusa Indah, Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (22/10/2020).

Upacara dipimpin oleh Ketua PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Mesuji Abdul Karim Mahfudz dan diikuti ratusan santri yang datang dari berbagai wilayah Kabupaten Mesuji dengan mengenakan sarung.

Dalam sambutannya, Bupati Saply mengatakan hari santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Pada peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini, tengah dilanda pandemi global Covid-19.

Dikatakannya, pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi Covid-19 menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya.

Menurutnya, modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren. Karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding lainnya.

“Kita semua berikhtiar agar pandemi segera berlalu. Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi Covid-19 ini dengan baik, insya Allah, negara kita juga akan sehat dan kuat,” tutupnya. (Prokompim/CS)

About Ferki Diansyah

Check Also

Tercatat 34 Surat Dikeluarkan Hari Pertama Operasi Zebra Satlantas Polres Mesuji

MESUJI Trienews.com – Satlantas Polres Mesuji Lampung menggelar operasi zebra krakatau di beberapa titik wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *